Manfaat Promosi Bagi Perusahaan

H-2506Promosi  perusahaan memang sangat penting karena mempengaruhi dari hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya itu sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya kativitas suatu Perusahaan. maka dari intu biaya promosi  (memperkenalkan suatu barang atau produk kepada konsumen) sangat mahal dan memang pengaruh sangat besar bagi penjualan.

Strategi Promosi Perusahaan sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen. Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari para konsumen, mengenai respon produk yang kita tawarkan. Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :

  1. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
  2. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
  3. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian  produk hingga sampai ke konsumen
  4. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
  5. Mengetahui strategi promosiyang tepat kepada para konsumen
  6. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
  7. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi

Untuk memperoleh manfaat dari strategi Promosi Perusahaan, tidaklah mudah. Karena diperlukan beberapa kegiatan promosi yang dapat mendukungnya, kegiatan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Iklan ( Advertising )

Layanan iklan dapat mengenalkan produk kita kepada para konsumen, selain itu juga dapat membantu pembentukan image produk yang kita tawarkan. Sebaiknya gunakan iklan yang menarik dan mudah dimengerti oleh para konsumen. Iklan bisa melalui media massa ataupun media elektronik, misalnya dengan mengiklankan produk kita melalui televisi atau melalui majalah. Kemudahan promosi melalui iklan juga dapat dirasakan, dengan memasang iklan melalui media online yang lebih murah bahkan lebih sering gratis bila memasang iklan baris di beberapa website tertentu.

2. Promosi penjualan ( Sales Promotion )

Adanya promosi penjualan dapat membantu meningkatkan penjualan dalam jangka waktu pendek, biasanya hanya selama kegiatan tersebut diselenggarakan. Promosi penjualan dapat dilakukan dengan cara memberikan hadiah gratis setiap pembelian produk dengan jumlah tertentu, memberikan sampel produk gratis kepada para konsumen untuk menarik minat mereka akan produk yang kita tawarkan, sehingga mendorong para konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan pada saat kegiatan tersebut dilaksanakan.

3. Penjualan perorangan ( Personal Selling )

Penjualan perorangan bertujuan untuk memberikan keyakinan dan pengenalan produk yang lebih dalam kepada para konsumen. Jadi para konsumen memperoleh informasi produk lebih detail, sedangkan para pelaku usaha juga dapat mengetahui respon para konsumen secara langsung.

4. Hubungan masyarakat (  Public Relations )

Setelah image produk tertanam di hati para konsumen, hal penting yang harus dijaga adalah hubungan baik antara konsumen dengan perusahaan. Hal itu untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan para konsumen untuk produk kita, dan untuk melindungi image perusahaan ataupun produk.

Dari pembahasan yang ada, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Promosi Perusahaan membantu perusahaan untuk menginformasikan suatu produk pada peluang pasar . Produk yang berkualitas pun akan sulit laku, jika tidak menggunakan kegiatan promosi yang dapat mengenalkan produk tersebut kepada para konsumen. Tentukan strategi promosi yang tepat bagi usaha Anda. Salam sukses.