Tahapan Sablon Kaos Manual Untuk Promosi

Banyak barang-barang promosi yang digunakan oleh perusahaan atau instansi-instansi dalam sebuah acara, salah satunya adalah kaos promosi. Pada kaos promosi ada beberapa macam mengenai bahan yang digunakan sehingga banyak pilihan bagi pemesan, hal ini di karenakan untuk setiap event dalam sebuah acara tidak sama, dan untuk pesertanya juga tidak sama. sehingga bagi para pemesanan dapat disesuaikan dengan budget masing-masing . Dalam sebuah acara yang pesertnya adalah seorang pejabat tinggi atau pimpinan perusahaan maka kaos promosi yang cocok adalah kaos Polo dengan logo yang dibordir, denganbahan yang bagus jua, akan tetapi jika pesertanya adalah mayarakat umum maka kaos yang digunakan tentunya kaos oblong dengan pencetakan logo atau desain tentang acara tersebut dengan di sablon.

Dalam pembuatan atau pencetakan desain pada kaos manual ada beberapa tahapan cara yang sering digunakan, karena memang hasil akhir dari pencetak logo berbeda tergantung dari caranya, ada beberapa Tahapan Sablon Kaos Manual Untuk Promosi diantaranya:

Proses sablon manual kurang lebih sebagai berikut :

1. Persiapan Desain
Menyiapkan desain yang dibuat kedalam screen/layar. Gambar yang akan dicetak dipisah sesuai dengan warnya. Proses pecah warna dilakukan dengan aplikasi grafis, bisa pakai Corel atau Illustrator untuk vektor dan Photoshop untuk sablon jenis bitmap. Setelah itu gambar dicetak sebagai salinan proses pembuatan film/afdrukan.

2. Pembuatan Film
Sebelum afdruk dilakukan, secreen mesti dibersihkan dan dikeringkan. Tahap berikutnya adalah pemberian obat pembuatan film dan pencucian obat screen. Peralatan afdruk yang dibutuhkan antara lain : screen, cairan afdruk, kipas angin dan alat perata. Prosesnya screen dilumuri cairan afdruk lalu dikeringkan. Semua harus dilakukan dalam ruang tertutup yang tidak terkena sinar matahari

Setelah cairan afdruk kering, dilanjutkan dengan pembuatan film pada screen. Alat yang dibutuhkan kaca, gambar desain, screen, busa, kain hitam, busa screen dan papan. Semua alat akan digunakan untuk membuat cetakan diatas screen.

Setelah proses pembuatan screen selesai berikutnya dicuci dan dibersihkan berkas afdruk dengan menprotkan air ke screen.

3. Penyablonan
Penyablonan adalah proses melapisi media cetak dengan cat melalui bantuan screen sebagai saringan cetaknya. gambaran prosesnya, bahan kaos ditaruh dibawah screen dan kemudian tinta diatas screen kita serut dengan rakel. Begitu seterusnya hingga jumlah warna semua terselesaian.

Proses berikutnya dari bahan yang disablon dikeringkan dan melewati fase penjahitan, finishing dan packaging.

Dalam hal sablon untuk menghasilkan hasil yang memuaskan tentunya dipengaruhi beberapa macam aspek diantaranya adalah mesin sablon yang bagus, kalo ada untuk mesin menggunakan mesin yang otomatis, kemudian bahan – bahan tinta yang digunakan haruslah yang berkualitasm karena tinta dapat mempengaruhi ketajaman warna, dan yang terakhir adalah sumberdaya dan teknik yang dikuasai harus benar-benar paham dan mahir.